Print

bintek bendKepala DPPKAD Grobogan Moh Sumarsono meminta para bendahara di semua SKPD agar betul-betul menyetorkan pajak atas kegiatan yang dilakukan. Penegasan itu disampaikan sekda saat membuka acara Pembinaan Teknis Bagi Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pengeluaran Pembantu di semua SKPD yang dilangsungkan di ruang Riptaloka, Senin (15/2/2016). Acara bintek menghadirkan nara sumber dari KPP Pratama Blora.

“Kepada semua bendahara kegiatan saya tekankan agar tidak bermain-main dengan pajak. Segera setorkan pajak yang dikenakan terhadap semua kegiatan dari dana APBD. Termasuk pungutan pajak dari honor yang diterimakan,” tegasnya.

Menurutnya, penegasan itu dilakukan karena sejauh ini belum semua bendahara menunaikan kewajiban perpajakannya. Hal itu bisa saja terjadi karena ada bendahara yang belum paham betul soal perhitungan pajak maupun aturan terbaru.

Oleh sebab itu, para bendahara diminta untuk bertanya sejelas mungkin dengan petugas KPP Pratama Blora jika ada hal yang belum dimengerti. Hal itu perlu dilakukan supaya tidak ada persoalan dengan masalah pajak.

Ditambahkan, selama ini setoran pajak merupakan komponen penting berlangsungnya roda pemerintahan. Sebab, 70 persen anggaran belanja pemerintah bersumber dari pendapatan pajak. Jika pendapatan pajak meningkat maka alokasi belanja untuk pemerintah pusat maupun daerah juga ikut naik. DNA